Objek Wisata Jam Gadang - Kota Bukit Tinggi

Objek Wisata Jam Gadang - Kota Bukit Tinggi
Objek Wisata Jam Gadang - Kota Bukit Tinggi - Jam Gadang merupakan Simbol khas Bukittinggi dan Sumatera Barat ini  memiliki cerita dan keunikan dalam perjalanan sejarahnya. Hal tersebut dapat  ditelusuri dari ornamen pada Jam Gadang. Pada masa penjajahan Belanda, ornamen jam ini berbentuk bulat dan di atasnya berdiri patung ayam jantan. Pada masa penjajahan Jepang ,  ornamen jam berubah menjadi klenteng. Sedangkan pada masa setelah kemerdekaan,  bentuknya ornamennya kembali berubah dengan bentuk gonjong rumah adat Minangkabau .

Angka-angka pada jam tersebut juga memiliki  keunikan. Angka empat pada angka Romawi biasanya tertulis dengan IV, namun di  Jam Gadang tertera dengan IIII.

Dari menara Jam Gadang, para wisatawan  bisa melihat panorama kota Bukittinggi yang  terdiri dari bukit, lembah dan bangunan berjejer di tengah kota yang sayang untuk dilewatkan.

Jam Gadang terletak di depan Pasar Atas, Kota Bukittinggi, ProvinsiSumatera Barat , Indonesia .

Untuk mencapai lokasi ini, para wisatawan dapat menggunakan jalur darat. Dari kota Padang ke Bukittinggi, perjalanan dapat ditempuh selama lebih kurang 2 jam perjalanan menggunakan angkutan umum, dengan ongkos sekitar Rp. 15.000-Rp 20.000 per orang (Februari 2008). Setelah sampai di kota Bukittinggi, perjalanan bisa dilanjutkan  dengan menggunakan angkutan kota  ke lokasi Jam Gadang.

Dengan biaya sebesar Rp. 3.000 (Februari 2008) para wisatawan bisa menikmati dan naik ke atas bangunan setinggi 26 meter  tersebut.

Berhubung lokasi Jam Gadang berada di  tengah Kota Bukittinggi, maka para wisatawan dari luar kawasan kota  yang ingin berlama-lama dapat menginap di hotel-hotel yang ada di kawasan kota. Untuk masalah makanan, para wisatawan dimanjakan  oleh berbagai aneka masakan Padang.  Nasi Kapau menjadi salah satu menu yang menarik untuk dicoba yang berada di  Pasar Lereng (di samping Pasar Atas) Bukittinggi. Bagi yang telah selesai  mengunjungi Jam Gadang dapat melakukan wisata belanja di Pasar Atas dengan  membeli oleh-oleh untuk sanak saudara.

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Pariwisata dan Budaya Minangkabau: Objek Wisata Jam Gadang - Kota Bukit Tinggi | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah